Berbagi ilmu itu akan terasa nikmat apabila ilmu itu bermanfaat

Saturday, June 25, 2011

Wow, Ponsel Bertenaga Jari Muncul 3 Tahun Lagi?

Periset Australia sepertinya ingin memanfaatkan keyboard untuk mendistribusikan listrik yang berasal dari tekanan jari. Berbekal kemampuan itu, penggunalaptop atau ponsel hanya perlu mengetik huruf atau angka pada keyboard untuk membuat baterai menyala lebih lama.
Wow Ponsel Bertenaga Jari Muncul 3 Tahun Lagi

Sejumlah peneliti di Royal Melbourne Institute of Technology sedang mengembangkan teknologi yang memungkinkan material tertentu membangkitkan tenaga listrik hanya berdasarkan tekanan. Idenya ialah meletakkan film piezoelectric di bawah keyboard atau keypad untuk mengalirkan listrik setiap kali perangkat itu ditekan.

Teknologi tersebut masih 'bayi' dan sekarang hanya dapat digunakan memperpanjang waktu menyala baterai sebanyak 10%. Awalnya, teknologi itu dikembangkan untuk memanfaatkan proses fisiologi di dalam tubuh manusia. Misalnya saja, menjadikan tekanan darah sebagai sumber tenaga.

Namun, perkembangan pesat ponsel dan komputer berlayar sentuh menjadikan masa depan teknologi yang mampu membangkitkan tenaga listrik dari tekanan jari itu dipertanyakan. Apalagi jika munculnya tiga tahun lagi. (Noy/X-13)