Berbagi ilmu itu akan terasa nikmat apabila ilmu itu bermanfaat

Wednesday, June 1, 2011

Tiga Gerhana Langka di Juni dan Juli

Selama bulan depan, dunia akan mengalami tiga gerhana: dua gerhana matahari parsial yang terpisah dalam satu bulan dan satu gerhana bulan total persis di antara kedua gerhana mataharu. Semuanya dimulai dengan gerhana matahari tengah malam.

Sebuah gerhana matahari di tengah malam? Bagaimana hal seperti itu mungkin?

Tiga Gerhana Langka


Itu dapat terjadi pada pertengahan musim panas di dataran tinggi kutub utara, daerah matahari tengah malam. Itu akan terjadi minggu ini pada 1 dan 2 Juni, terlihat di bagian paling utara Amerika Utara, Eropa, dan Asia.

Gerhana dimulai pada Kamis (2/6) pada fajar di utara China dan Siberia, kemudian bergerak menyeberangi kutub utara melintasi International date Line dan berakhir di sore hari pada Rabu (1/5) di Kanada timur laut.

Itu benar: gerhana dimulai pada Kamis dan berakhir pada Rabu karena adanya International date Line. Karena pengamat di Rusia utara dan Skandinavia akan mengamati di atas Kutub Utara, maka mereka benar-benar akan melihat peristiwa itu pada tengah malam 1 dan 2 Juni.

Tepat sebulan kemudian, pada Jumat 1 Juli, hal aneh yang sama akan terjadi di kutub selatan. Karena saat itu adalah musim dingin selatan, matahari akan berada di bawah cakrawala untuk hampir semua daerah Antartika, kecuali daerah berpenghuni kecil di pantai selatan Madagaskar.

Itu satu-satunya tempat gerhana akan menampakkan cakrawala berada dalam area kecil di Samudra Selatan, jauh di sebelah selatan Afrika Selatan. Kemungkinannya adalah bahwa gerhana ini akan disaksikan hanya oleh penguin dan burung laut.

Tepat di tengah antara dua gerhana matahari parsial, akan ada gerhana bulan total pada Rabu 15 Juni. Gerhana akan terlihat bagi jutaan orang di Afrika, Timur Tengah, dan Asia barat daya.

Gerhana akan terlihat sebagai bulan terbit di sore hari di Amerika Selatan dan Eropa, dan sebagai bulan sebelum fajar di Asia Timur dan Australia.

Sayangnya, hal itu tidak akan terlihat di seluruh di Amerika Utara.

Source:
http://candramidi.blogspot.com/2011/05/tiga-gerhana-langka-di-juni-dan-juli.html