Berbagi ilmu itu akan terasa nikmat apabila ilmu itu bermanfaat

Wednesday, June 15, 2011

5 Tips Jitu Merawat LCD Netbook atau Notebook

Dengan manjamurnya pemakaian baik netbook maupun notebook di masyarakat maka tak jarang meskipun salah satu yang kita punya merupakan barang yang tidak mahal amat, namun tetap saja netbook atau notebook kesayangngan kita merupakan aset yang sangat berharga dalam menunjang aktifitas harian kita. Terutama hal-hal yang berhubungan dengan pekerjaan baik, dikantor atau dimanapun tempatnya. Oleh karena itu perawatan yang baik tentunya akan sangat mandukung optimalisasi pemakaian seperti yang kita harapkan.
Sedikit mengulas tentang perawatan netbook maupun notebook pada kesempatan ini Kedai Info akan mencoba sharing informasi yang mudah-mudahan dapat bermanfaat untuk sobat blogger semua yakni 5 Tips Jitu Merawat LCD Netbook atau Notebook. Langsung saja langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

1. Memberi screen protector
Dengan memberikan screen protector akan memberikan perlindungan(protection)  yang baik untuk LCD notebook atau netbook kesayangan sobat blogger. Karena yang sering terjadi adalah karena kecerobohan kita sendiri salah dalam menenganinya. Sebagai misal tanpa sengaja kita malah menggoresnya dengan kuku jari-jari kita (khususnya kaum cewek) atau balpoin  saat kita melakukan presentasi kecil kepada  rekan bisnis.

2. Kebersihan rutin
Menjaga kebersihan juga harus dilakukan, namun perlu juga diingat adalah jangan sembarangan memilih lap/kain dan cairan pembersih. Pastikan pilihlah kain pembersih yang benar-benar lembut sehingga tidak akan meninggalkan bekas goresan untuk LCD. Sedangkan bila tidak dimungkinkan mendapatkan pembersih pakailah sedikit air yang telah dicampur dengan sabun mandi. Sebaiknya sobat blogger menghindari cairan-cairan pembersih yang mengandung amoniak dan alkohol tetapi pakailah cairan pembersih seperti yang digunakan untuk membersihkan lensa kamera digital yang banyak dijual di toko perlengkapan kamera. Usaplah cairan tersebut dengan kain dan jangan menyemprotkannya secara langsung ke LCD karena dapat meleleh ke bawah dan bisa merusak rangkaian elektroniknya.

3. Engsel LCD
Engsel yang merupakan poros katup sehingga netbook atau notebook kita dapat dibuka dan ditutup merupakan bagian yang paling rentan terjadi kerusakan. Hal ini dikarenakan bahwa beban terberat dalam suatu netbook atau notebook adalah pada bagian engsel tersebut. Oleh karena itu jangan memberikan hentakan pada saat membuka monitor sewaktu mau mengaktifkan netbook atau notebook. Demikian pula sebaliknya, jangan menutup monitor terlalu keras ketika selesai menggunakannya. Dan bersegeralah perbaiki ke dealer resminya saat terjadi keretakan agar tidak merambat ketempat lainnya

4. Hindarkan dari benturan dan tekanan
Letakkan posisi netbook atau notebook dalam kondisi yang benar-benar aman, jauh dari goncangan dan tekanan oleh benda lain disekitarnya.

5. Jangan meletakkan sesuatu antara LCD dengan keyboard saat menutupnya.
 
Sumber:
http://kedaiinfo.blogspot.com/2011/06/5-tips-jitu-merawat-lcd-netbook-atau.html