Tuesday, June 7, 2011

Tips Membeli Handphone Bekas

Kiranya tips berikut ini akan sangat berguna bagi sobat blogger yang ingin ganti handphone mungkin dah bosan dengan yang lama namun ingin beli yang baru eh.. kantong juga gi kering kerontang hehe.. Mau gimana lagi beli handphone bekas bisa jadi solusi yang cemerlang. Harga miring, tipe handphone idaman pun sudah bisa ada dalam genggaman kita ^^ Sayangnya karena tuntutan pasar yang semakin besar hal tersebut malah dimanfaatkan oleh beberapa pihak yang kurang bertanggungjawab yang hanya mementingkan profit semata, urusan kualitas mah belakangan. Bahkan beberapa tahun yang lalu masih ingat dalam ingatan sampai ada yang jual handphone bekas merk dan tipe tertentu yang dalamnya malah di isi dengan pasir alamak… (penipuan !)

Di bawah ini beberapa tips yang mudah-mudahan bisa membantu sobat blogger semua dalam memilih handphone bekas berkualitas saat hunting di pasaran. So, cekidot sob :

1. Periksa kelengkapan bawaan handphone
Sebelum beli tanyakan terlebih dahulu kepada si penjual mengenai kelengkapannya, usahakan jangan membeli barang yang hanya batangan ( handphone+charger ) saja. Cek dan ricek dengan seksama tentang apa-apa yang merupakan bawaan resmi dari vendornya. Jangan lupa untuk mengetahui juga bahwa part kelengkapan tersebut original atau tidak.

2. Periksa kondisi body
Kondisi body merupakan hal yang paling mudah untuk diperiksa, karena selain tampak jelas apabila ada cacatnya kita juga bisa memegangnya secara langsung untuk mengetahuinya. Periksa apakah ada goresan yang bukan karena pemakaian biasa misalnya goresan bekas jatuh, pecah, retak dan sebagainya.

3. Periksa seri IMEI
Periksa apakah nomoe IMEI yang ada dalam rangka handphone benar-benar tembus dengan nomor IMEI yang ada pada kardusnya. Apabila tidak sama sobat blogger patut untuk mencurigai keberadaan barang tersebut.

4. Periksa kondisi baterai
Memeriksa kondisi baterai sangat penting untuk dilakukan, karena hal tersebut akan sangat mempengaruhi kinerja dari handphone yang akan kita beli nantinya. Salah satu cara paling mudah untuk mengetahui baterai tersebut sudah drop/soak tidaknya ialah dengan mematikan handphone dalam kondisi full baterainya lalu menyalakannya kembali. Baterai yang sudah drop akan kembali menunjukkan kondisi baterai low saat dinyalakan kembali tersebut.

5. Periksa garansi
Garansi memegang peran penting saat suatu barang telah kita beli. Garansi yang baik akan memberikan kepuasan bagi pembeli terhadap brand tersebut. Namun sayangnya penjual bermain curang pada beberapa handphone bekas jualannya, iming-iming bergaransi tapi kenyataannya hanya garansi abal-abal. Jadi periksa baik-baik kartu garansinya apakah benar-benar garansi resmi dari brand handphone yang sobat blogger mau beli.

6. Waspadai janji-janji penjual
Banyak sekali pembeli terjebak sama hal yang satu ini, biasanya para penjual menjajikan hal-hal yang manis pada para pembeli dengan harapan barang dagangannya laku. Padahal hal tersebut belum tentu sesuai dengan kenyataannya. Jadi berhati-hatilah dan tetap waspada. Lebih baik tanamkan dalam diri sobat blogger rasa tidak percaya terlebih dahulu saat akan bertransaksi dengan para penjual barang bekas tersebut, hal ini bukan dimaksudkan untuk menumbuhkan prasangka dan pikiran negative melainkan kewaspadaan agar tidak terjebak dalam penipuan yang sering terjadi.

Semoga beberapa tips di atas dapat bermanfaat bagi sobat blogger semua yang akan membeli handphone bekas. Sekedar saran terakhir jangan sekali-sekali membeli yang bekas jika sobat blogger benar-benar tidak yakin dengan kondisi barangnya dan belilah yang baru biar lebih aman memakainya.

Sumber:
http://kedaiinfo.blogspot.com/2011/06/tips-membeli-handphone-bekas.html