Saturday, June 18, 2011

Ditemukan Sinar Kilat Terlama Di Galaksi

Jagat raya masih menyimpan banyak misteri. Salah satunya munculnya lubang hitam yang terletak di sebuah bintang menyerupai matahari, dan memproduksi sinar kilat yang tahan lama.
Ditemukan Sinar Kilat Terlama Di Galaksi
Reuters/vg


Sinar tersebut tidak akan terlihat lagi dalam sejuta tahun. Laporan para astronom ini telah dilansir di jurnal Science edisi terbaru.

Sinar aneh tersebut memang berbeda dengan sinar gamma. Apabila sinar gamma meledak, akan berakhir dalam hitungan detik atau milidetik. Dan seringkali muncul efek berupa bintang mati atau bintang runtuh akibat ledakan sinar gamma.

Berdasarkan pengamatan ahli astronomi Joshua Bloom dari University of California-Barkeley bersama timnya, sinar misterius ini cukup lama mengeluarkan ledakan.

Dari pemantauan tim astronom pada 28 Maret lalu lewat pesawat ruang angkasa NASA Swift, terlihat adanya semburan sinar yang mirip kilat berlangsung lebih dari dua bulan. ''Bahkan sekarang masih berlangsung,'' kata Bloom.

Dari pandangan Bloom yang paling menarik adalah fenomena lubang hitam pada bintang. Menurutnya, saat ini banyak ditemukan lubang hitam di galaksi. Bloom belum begitu paham bagaimana lubang hitam berkembang di alam semesra. ''Kami pikir adanya lubang hitam itu karena adanya massa pada matahari. Namun kini lubang hitam menyebar. Bagaimana mereka bisa menyebar dari satu miliar tahun cahaya, ini sangat penting,'' ujarnya.

Bloom yakin ada kolerasinya antara massa lubang hitam dengan massa galaksi, karena lubang hitam memakan gas pada bintang-bintang yang mendekat.(reuters/Nda/OL-10)