Berbagi ilmu itu akan terasa nikmat apabila ilmu itu bermanfaat

Tuesday, May 3, 2011

Sepakbola Italia Tak Berkembang



Berlin - Kritikan dilayangkan mantan pesepakbola Jerman Oliver Bierhoff pada dunia sepakbola Italia. Menurut dia, standar calcio di "Negeri Pizza" sudah tertinggal dari rival-rivalnya dalam dekade terakhir.

"Terlalu banyak ketegangan, kurang berani melibatkan pemain-pemain muda, dan hilangnya satu generasi," tutur mantan legenda Udinese yang pernah memenangi titel Scudetto bersama AC Milan itu, seperti dilansir Football Italia.

"Tim yang dominan itu-itu saja. Pemain-pemain yang menarik perhatian 'terlalu muda'. Tidak ada yang di tengah-tengah," sambung pria 42 tahun yang kini menjabar direktur sepakbola di Federasi Sepakbola Jerman itu.

Bierhoff lalu membandingkannya dengan Liga Jerman. Menurutnya, banyak tim di Bundesliga dihuni pemain-pemain lokal yang memunculkan antusiasme dan ambisi. Dan itu membantu perkembangan sepakbola setempat.

"Waktu aku datang ke Italia, meskipun itu hari libur, aku merasakan banyak keletihan pada sepakbola mereka, nyaris pasrah," sambungnya.

Apa yang dianalisis Bierhoff boleh jadi ada benarnya. Buktinya, nilai Seri A dianggap turun oleh UEFA sehingga musim depan mereka dikurangi jatah kuota di Liga Champions menjadi tiga tim. Sebaliknya, Liga Jerman mendapatkan tambahan satu tempat menjadi empat.

Sumber: http://www.detiksport.com/sepakbola/