Berbagi ilmu itu akan terasa nikmat apabila ilmu itu bermanfaat

Monday, May 23, 2011

NGERII! Penyakit Kelamin yang Bisa Muncul di Wajah

img
foto: Thinkstock
Jakarta, Agar mudah diingat, infeksi menular seksual (IMS) yang menyerang daerah genital sering disebut dengan penyakit kelamin. Padahal tidak selalu demikian, sebab seringkali infeksi tersebut terjadi juga di wajah.

Penularan infeksi biasanya terjadi saat wajah terlibat kontak dengan alat kelamin. Rasa tidak nyaman sudah pasti akan dirasakan, namun infeksi penyakit kelamin tentu akan semakin memalukan apabila muncul di wajah.

Dikutip dari AskMen, beberapa jenis penyakit kelamin yang bisa muncul di wajah di antaranya adalah sebagai berikut.

SifilisInfeksi bakteri Treponema pallidum penyebab sifilis pada wajah ditandai dengan ruam memerah dan luka terbuka di sekitar bibir dan mulut. Ruam tersebut bisa menyebar ke seluruh tubuh dan disertai kerontokan rambut yang tidak wajar (allopecia).

Sifilis di wajah bisa menyerang pria maupun wanita melalui kontak oral-genital saat berhubungan seks. Biasanya gejala-gejala tersebut baru muncul 3 hingga 6 pekan setelah terjadi kontak fisik.

Herpes genitalBerbeda dengan kutil genital yang disebabkan oleh human papilloma virus (HPV), herpes genital disebabkan oleh herpes simplex virus (HSV) tipe 1 dan 2. Gejalanya berupa bercak berair seperti kulit melepuh di sekitar mulut, terasa sakit bila disentuh.

HSV-1 dan HSV-2 bisa menular melalui kontak langsung maupun cairan tubuh termasuh air liur. Kontak langsung bisa terjadi mealui seks oral, sementara kontak cairan tubuh bisa juga terjadi saat berciuman.

Chlamydia (Klamidia)Infeksi bakteri chlamydia trachomatis lebih sering terjadi di daerah genital. Namun jika menyerang wajah, bakteri ini bisa mencapai mata dan menyebabkan gejala mata berwarna merah muda atau conjungtivitis yang jika tidak diobati bisa memicu kebutaan permanen.

Tidak selalu ditularkan melalui seks oral-genital, infeksi chlamydia bisa terjadi melalui kulit tangan. Setelah menyentuh alat kelamin seseorang yang terinfeksi, sebaiknya cuci tangan sebelum menyeka wajah apalagi sampai menggosok mata.