Referensi Software

Apa itu Internet ya?

internet Saat ini, dengan teknologi yang semakin canggih tiap-tiap kehidupan manusia akan sangat terasa sangat mudah apabila dapat mempergunakan teknologi dengan baik jika dibandingkan dengan mengandalkan faktor keramahan alam. Dengan teknologi sesuatu yang dulunya tidak mungkin menjadi mungkin. Salah satu teknologi yang sangat berkembang pesat di seluruh dunia adalah perkembangan dalam bidang informasi dan teknologi yaitu jaringan internet. Jaringan internet telah sukses dikembangkan dan diuji coba pertama kali pada tahun `1969 oleh US. Department of Defense dalam proyek ARPANet (Advance Research Project Network). Di Indonesia sendiri jaringan internet mulai dikembangkan mulai tahun 1983 di Universitas Indonesia, yaitu UINet oleh Dr. Joseph F.P Luhukay yang ketika itu baru saja menamatkan program doktor filsafat ilmu Komputer di America Serikat.
Internet adalah jaringan luas Komputer, dan biasa disebut sebagai world wide network. Internet juga dipahami sebagai media komunikasi virtual (cyberspace) melalui media Komputer dan saluran telepon. Karena itu, internet adalah singkatan dari Inter-connecting Networking. Internet kini banyak sekali digunakan oleh pemerintah, sekolah bahkan setiap individu banyak menggunakannya sebagai media komunikasi, promosi dan edukasi.
Potensi perkembangan bisnis online sangatlah besar dan semakin bertambah Internetworldstats.com mencatat pengguna internet tertinggi adalah dari Asia, diikuti Eropa selanjutnya North America dan seterusnya. Perkembangan teknologi internet sadar atau tidak telah memberikan dampak bagi perkembangan hukum, ekonomi, budaya dan politik. Hal ini merupakan tantangan sekaligus peluang besar yang harus Anda hadapi di era globalisasi. Untuk meraup penghasilan lewat online tidak hanya dari e-commerce masih banyak cara-cara lain yang tentunya butuh ketekunan dan pengehtahuan tentang internet
Internet saat ini biasanya dipakai untuk chat, internet voice call dan akses website, ada baiknya kita tahu sedikit tentang www (world wide web)
Apakah itu www (world wide web) ?
  • Rangkaian jaringan computer di seluruh dunia
  • Semua komputer di web saling berhubungan
  • Komputer tersebut dapat terhubung dan berkomunikasi lewat jalur standar yang disebut HTTP
Bagaimana cara kerja www (world wide web) ?
  • Informasi yang ada pada web tersimpan pada sebuah halaman yang namanya webpage / halaman web
  • Web pages tersimpan pada web server / web hosting
  • Komputer yang digunakan untuk membaca halaman web disebut web client
  • Untuk dapat membaca web pages Anda memerlukan yang namanya web browser (Mozilla, Opera, Internet Explorer
Jika Masih ingih tau lebih banyak tentang apa itu internet secara harfiah bisa baca artikel di WikiPedia

Subscribe My Blog

Comments