Berbagi ilmu itu akan terasa nikmat apabila ilmu itu bermanfaat

Saturday, May 28, 2011

Setting Konfigurasi Firefox Untuk Mempercepat Mozilla Firefox


firefox


Peramban mozilla firefox ternyata mempunyai banyak konfigurasi yang dapat kita setel. Konfigurasi-konfigurasi tersebut mengatur banyak hal, salah satunya adalah kinerja dan kecepatan firefox dalam membuka halaman web atau mengunduh berkas/file.
Sebelum memulai melakukan setingan konfigurasi pada firefox, pastikan dahulu anda yakin dengan apa yang anda lakukan, karena kesalahan dalam menyeting konfigurasi tertentu dapat mengakibatkan peramban firefox tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Settingan konfigurasi untuk mempercepat firefox

Pertama-tama bukalah konfigurasi firefox dengan mengetikkan about:config di address bar dan tekan enter. Kemudian klik tombol “I’ll be careful, I promise!“. Selanjutnya agar firefox dapat bekerja maksimal, kita dapat mengoptimalkan kinerjanya dengan pelbagai macam setelan berikut:
  1. Menonaktifkan animasi Tab

    Menonaktifkan animasi pada tab dapat mempercepat kinerja firefox. Cara settingnya adalah cari pada kolom filter string berikut: browser.tabs.animate (tanpa tanda kutip). Klik dua kali pada nilai (value) untuk mengubah nilainya menjadi False.
    disable-tab-animation
  2. Membersihkan memori

    Pada filter, cari string browser.sessionstore.max_concurrent_tabs, dan klik dua kali untuk mengubah nilainya menjadi “0″. Hal ini untuk membersihkan memori yang digunakan oleh firefox, serta mencegah peramban mengalami crash.
    membersihkan-memori
  3. Menonaktifkan pemindaian antivirus

    Secara default, windows security software akan memindai setiap berkas yang terunduh oleh firefox. Hal ini tentu saja akan memperlambat firefox. Untuk mempercepatnya, maka kita sebaiknya menonaktifkan proses pindai (scan) yang dilakukan oleh antivirus. Cari string browser.download.manager.scanWhenDone, lalu klik dua kali untuk mengubah nilainya menjadi False.
    disable-antivirus
  4. Mempercepat rendering halaman web

    Pada filter, cari string-string berikut dan ubahlah nilainya sebagai berikut:
    • network.http.pipelining => true
    • network.http.proxy.pipelining => true
    • network.http.pipelining.maxrequests => 8
    • content.notify.backoffcount => 5
    • plugin.expose_full_path => true
    • ui.submenuDelay => 0
    • network.dns.disableIPv6 => true
    • javascript.options.jit.chrome => true
    • javascript.options.jit.content => true
    mempercepat-halaman
  5. Mempercepat pemasangan addon

    Pada filter, cari string security.dialog_enable_delay, dan ubahlah menjadi nilai “0″.
    mempercepat-addon
  6. Mengubah pembaca kode sumber (source code viewer)

    Secara default, bila kita ingin melihat sumber kode suatu halaman web, maka firefox akan menampilkan kode sumber tersebut dalam jendela tersendiri. Hal ini tentu saja akan memakan memori saat membukanya. Salah satu jalan untuk mengurangi pemakaian memori adalah dengan mengubah pembaca kode tersebut oleh aplikasi lain di luar firefox, notepad misalnya.
    Cari string view_source.editor.external dan ubah nilainya menjadi true. Selanjutnya ubah nilai view_source.editor.path menjadi alamat aplikasi untuk membuka kode sumber, misalnya: C:windowssystem32notepad.exe.
    source-code-viewer
Untuk beberapa kondisi, sepertinya akan lebih mudah memasang aplikasi atau yang sejenisnya untuk mengatur konfigurasi firefox. Fasterfox adalah addon yang dibuat khusus untuk ini, namun lebih kepaa setelan untuk mempercepat loading halaman web yang dibuka. Untuk opsi lain, mungkin harus dilakukan secara manual.
Sebenarnya masih banyak settingan konfigurasi lain yang dapat kita ubah, namun settingan di atas dikhususkan untuk mempercepat firefox. Bagi anda yang ingin mengetahui settingan lain dapat berkunjung ke 28 Coolest Firefox About:Config Tricks. Selamat mencoba.