Berbagi ilmu itu akan terasa nikmat apabila ilmu itu bermanfaat

Saturday, May 7, 2011

Menghilangkan Peringatan Google Pada Blog Yang Dianggap Berbahaya

Google sebagai penyedia search engine terbesar saat ini tentu akan memberikan pelayanan yang maxsimal bagi para penggunanya. Salah satu layanan yang diberikan oleh Google adalah Google Safe Browsing, yang memberikan keamanan bagi para penggunanya dengan memberikan peringatan apabila situs yang hendak di kunjungi di curigai membahayakan komputer si pengunjung.
Contoh peringatan tersebut:


"MENGUNJUNGI SITUS INI DAPAT MEMBAHAYAKAN KOMPUTER ANDA"

Hal ini pernah menimpa blog saya yang diindikasi terinfeksi program jahat di salah satu atau lebih laman blog ini. Jika hal ini menimpa web atau blog sahabat mungkin pengalaman saya ini dapat dijadikan referensi untuk mengembalikan atau menghilangkan peringatan yang diberikan google terhadap pengunjung web?blog sahabat.

Sebenarnya banyak sebab mengapa google memberikan peringatan atau bahkan memblokir web atau blog, salah satunya adalah apabila blog tersebut mengandung malware atau program jahat yang dapat membahayakan komputer si pengunjung.

Setelah saya cek menggunakan google webmaster tool ternyata yang dianggap malware tersebut adalah “bunner situs co cc” memang sih di situs tersebut kita biasa mereview dan mendapatkan imbalan atas jasa kita mempromosikan situs tersebut, stelah saya hapus buner domain co.cc dan melakukan permohonan peninjauan ulang terhadap blog saya akhirnya dalam waktu 2x24jam blog ini kembali pulih, dan peringatan dari google sudah menghilang.( waktu terkadang berbeda beda)

Dari pengalaman apa yang menimpa dan saya lakukan terhadap web atau blog yang mendapat peringatan seperti di atas yang harus dilakukan adalah:

1. segera periksa dan hapus seluruh scrip atau laman yang di indikasi sebagai malware atau badware jika teman teman memasang buner co.cc Buang semua script innity/bunner co cc di dalam blog.(masuk ke dasbor blogger- rancangan kemudian edit /hapus laman /buner co.cc)

2. Review balik blog anda di google webmaster. Untuk itu anda boleh melihat caranya di http://www.google.com/support/webmasters/bin/answer.py?answer=168328.

3. Jika masalah ini tidak lagi dapat diselesaikan, cara yang mudah anda boleh lakukan ialah dengan menghubungi pihak innity dengan menghantarkan email ke report-malware@innity.com. Di sini pihak innity akan menghantarkan review blog anda ke StopBadware. Sebarang lanjutan tentang ini akan diberitahu kelak oleh mereka sama ada blog anda sudah bebas sepenuhnya dari sebaran malware. Email di bawah adalah email yang telah diforwardkan oleh pihak innity.

Subject: [StopBadware] Review closed – URL no longer reported
*** DO NOT REPLY TO THIS E-MAIL ***
URL: http://sugierafie.co.cc
Congratulations! This URL is no longer reported as badware by any of StopBadware’s data providers. We have therefore closed this review and updated our Badware Website Clearinghouse. Any warnings about the URL that are based on our providers’ data should be removed shortly.
Please note that this does not necessarily mean your site is completely free of badware, or that it is no longer at risk of being reinfected.
If you need assistance in protecting your site from future infection, please read our Tips for Cleaning & Securing Your Website or visit our online community, BadwareBusters.org.
Regards,
The StopBadware team
*** DO NOT REPLY TO THIS E-MAIL ***

demikianlah Cara mereview situs/blog yang terkena peringatan/malware oleh google semoga bermanfaat....
Thank to http://www.cybernetic88.com dan sebagian artikel saya terbit ulang untuk berbagi dengan teman teman yang mungkin menghadapi masalah yang sama.

2 comments

klo ke deteksi malware oleh eset sih gimana mas,cra ngilinnya

segera periksa dan hapus seluruh scrip atau laman yang di indikasi sebagai malware.