Thursday, May 5, 2011

Cara memilih Laptop untuk Bermain Games Komputer


Apakah Anda ingin membeli komputer game? Bagaimana memilih pc yang ideal untuk gaming? Mungkin artikel ini bisa dijadikan referensi anda sebelum anda membeli komputer game tersebut, karena membeli komputer yang digunakan untuk bermain game tidak semudah membeli komputer buat aplikasi kantor. 
Semakin hari, perkembangan game semakin pesat saja, yang tentu saja membutuhkan tenaga komputer yang semakin besar, dan untuk memenuhi tuntutan dan kebutuhan hardware game tersebut, produsen pc saling berlomba-lomba memproduksi perangkat yang bisa mengimbangi perkembangan game tersebut. Disini akan dibahas berbagai macam karakteristik dari komponen-komponen yang berpengaruh terhadap game yang harus dipikirkan lebih awal sebelum benar-benar menentukan pilihan.

Satu hal yang harus dipikirkan untuk pc game processors. Processor yang yang dipilih harus memiliki kecepatan clock tinggi, cache L2 dan cache L3 serta kemampuan di GPU (Graphic Processing Unit). Pc game seharusnya juga memiliki jumlah RAM yang lebih tinggi, kalo bisa lebih tinggi dari 5 GB RAM. Dengan kapasitas seperti itu baru dapat digunakan untuk memenuhi prasyarat games. Disamping itu komputer terbaru juga harus membawa dan menggunakan VGA yang kapasitas memorynya minimal 1 GB. Kapasitas sebesar itu baru cukup untuk memenuhi game grafis yang sekarang banyak beredar. Untuk perangkat harddisk bisa menyesuaikan, tergantung dari game yang akan diinstall, tetapi untuk amannya, gunakan saja minimal 1 TB, karena game sekarang hampir semua paketnya dikemas dalam DVD yang memiliki ukuran yang jumbo.

Mungkin anda akan sedikit dibingungkan dengan banyaknya spesifikasi dari peripheral computer yang sekarang banyak sekali beredar. Disini saya akan berikan sedikit contoh beberapa spesifikasi laptop dan komputer game terpanas yang menggunakan kartu ATI Mobility 2011. Fitur video HD 5870 CrossFire, Batalyon 101 X8100-U3 adalah sebuah pilihan yang bagus untuk diperhitungkan. Laptop ini sudah menggunakan prosesor Intel Core i7 740QM, 3 GHz processor dan juga 4GB DDR3 dengan layar LCD yang sudah mempunyai resolusi 1920 × 1080. Tiga port USB dan kemampunyai penyimpanan tenaga pada baterai yang bisa bertahan sekitar 2,5 jam.

Alienware M17x adalah salah satu contoh laptop gaming. Laptop ini sudah menggunakan prosesor high-end Intel Core i7 720M, Tiga baterai ‘s, dan 4GB RAM DDR3 dan juga 500GB harddisk, 5 port USB dan ATI Mobility HD 5870 video card membuatnya tak terkalahkan  di antara semua laptop gaming pada tahun 2011.
Kemudian jika anda penginginkan PC dengan prosesor high end, dan juga desain yang tahan lama, Xplorer X7-8500 adalah sebuah game pc yang dibangun cukup baik untuk memenuhi game standart Anda. Komputer tersebut menggunakan prosesor Intel Core i7 740QM  3 GHz, RAM 4GB DDR3 dan harddisk  500GB, dan sebagai senjata perlengkapan gaming digunakan  GeForce GTX 460M experience. Kartu grafis dari NVIDIA  ini dibekali dengan kapasitas 1,5 GB.

Satu lagi jajaran komputer game, yaitu Qosmio X505-Q896 dari Toshiba, merupakan komputer  yang lebih dari cukup untuk melepas keinginan bermain game karena kartu grafis yang dipakai sudah sangat layak diperhitungkan. GPU dari NVIDIA GeForce GTX 460M, dengan 1.5GB  dan juga Intel Core i7 740QM 3 GHz, dan tambahan RAM DDR3 4GB menjamin game akan berjalan dengan mulus,  sedangkan harddisk 500GB memungkinkan Anda untuk menyimpan sejumlah besar games. Komputer ini juga menawarkan Blu-ray optical drive dan layar dengan resolusi 1920 × 1080.

Demikian apa yang bisa saya sharing, semoga bisa menjadi referensi anda dalam belanja komputer atau laptop, selamat belanja, semoga mendapatkan komputer atau laptop yang diinginkan.