Berbagi ilmu itu akan terasa nikmat apabila ilmu itu bermanfaat

Tuesday, April 26, 2011

Cara Memasang Read More pada WordPress

Cara menambah link read more di WordPress sebenarnya cukup mudah, namun bagi yang baru saja mengenal WordPress bisa sangat membingungkan. Sebenarnya apa sih fungsi link “read more“, “baca selanjutnya”, atau kalau di blog ini tertulis “belajar tutorial WordPress ini…”? Fungsi read more pada posting blog sebenarnya untuk lebih memperindah tampilan blog, karena termasuk kategori kerapian blog.
cara menambah read more
Pada blog WordPress, cara menambah link read more ini ada dua cara, yaitu pada halaman pengeditan HTML atau Visual. (lihat pada halaman add new post, bagian kanan atas).  Nih gambarnya aku pasang, dah kelihatan kan? :) Perasaan di blogger juga ada menu seperti ini. Ok, balik lagi ke WordPress. Untuk cara yang pertama, akan dibahas cara membuat link read more pada pengeditan visual.
Setelah proses menulis posting sudah selesai, pilih penggalan paragraf yang ingin ditambah link read more. Saran: penggal dua atau tiga paragraf pertama saja, karena kalau kebanyakan bakal jelek jadinya tampilan Home blog kamu. Istilah lainnya, “kurang rapi” :) Nah, kalau sudah memilih dimana baiknya meletakkan link read more tersebut, klik cursormu pada akhir paragraf terpilih (akhir paragraf kedua atau ketiga tadi). Setelah itu, klik pada icon kecil diatas kotak edit postingan yang berwarna putih, yang ada garis tengahnya. Tanpa klik juga bisa, hanya dengan menekan Alt+Shift+T pada keyboardmu. :) Berikut ini gambarnya:
cara bikin read more blog
Icon read more
Setelah kamu klik icon read more tag tersebut, akan muncul garis tipis pembatas di tengah artikel posting yang ujungnya ada tulisan kecil “more”. Itu menandakan disitulah kamu memenggal artikel. Bagian atas yang terpajang pada Home, dan bagian akhir yang hanya bisa dibaca kalau mengklik link read more. Sangat mudah bukan? ;-)
Cara kedua yaitu dengan mode pengeditan HTML. Cara ini hampir sama dengan cara pertama soal pemenggalan artikelnya. Hanya cara penambahan link read more tersebut dibuat dengan cara mengetik kode read more tag secara manual. Kode yang harus ditulis pada akhir paragraf kedua/ketiga adalah:
<!--more-->
Letakkan kode tersebut satu saja dan cobalah melihat preview posting kamu sebelum kamu menekan tombol Publish. Semoga artikel cara menambahkan link read more ini bermanfaat ya? Kalau ada pertanyaan, temui aku di kolom komentar. ;-)